Pelaksanaan Visitasi


01, April 2013 09:18:50

Visitasi

Visitasi dalam rangkaian kegiatan akreditasi sekolah/madrasah adalah kunjungan ke sekolah/madrasah yang dilakukan oleh tim asesor yang diberi tugas oleh BAP-S/M untuk melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi data serta informasi yang telah disampaikan oleh sekolah/madrasah melalui pengisian instrumen akreditasi. Tim Asesor yang melakukan visitasi berjumlah dua orang.

Penyiapan Dokumen dan Komponen Akreditasi

Hal yang paling utama dalam pelaksanaan visitasi adalah kelengkapan dokumen terkait dengan komponen standar utama yang akan dinilai dalam pelaksanaan akreditasi. Satuan pendidikan perlu menyiapkan dokumen secara lengkap dalam bentuk hardcopy dan softopcy. Upayakan file-file tersebut disusun dengan tampilan yang baik.


Berikut ini dokumen utama dalam pelaksanaan visitasi:

  1. fotokopi surat Ijin Operasional Sekolah/Madrasah yang masih berlaku untuk SMK ditambah fotocopy ijin operasional kompetensi keahlian (surat ijin operasional hanya diperuntukkan bagi satuan pendidikan swasta);
  2. data jumlah peserta didik pada semua tingkatan kelas/program keahlian;
  3. data jumlah pendidik dan tenaga kependidikan;
  4. surat pernyataan :
    • memiliki sarana dan prasarana pendidikan (Negeri dari Kepala Sekolah dan Swasta dari Ketua Yayasan);
    • melaksanakan kurikulum nasional dari Kepala Sekolah; dan
    • telah menamatkan peserta didik bagi sekolah/madrasah yang belum pernah di akreditasi.
  5. fotokopi sertifikat akreditasi sebelumnya.
  6. rekapitulasi hasil pengisian instrumen akreditasi
  7. pengisian instrumen akreditasi
  8. pengisian instrumen data dan informasi pendukung

Disamping menyiapkan dokumen di atas, sekolah/madrasah juga perlu menyiapkan dokumen pendukung lainnya seperti:

Pelaksanaan Kurikulum

  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 6 Tahun 2007.
  6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 tentang Penilaian Pendidikan.
  7. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan :
    • Perangkat Silabus, RPP, Bahan Ajar, Media.
    • Kalender Pendidikan dan Jadwal Pembelajaran.

Proses Pembelajaran

  1. Jadwal pembelajaran dan presensi pembelajaran.
  2. Buku-buku dan bahan ajar yang digunakan sebagai referensi.
  3. Media dan alat bantu pembelajaran.
  4. Hasil-hasil penelitian tindakan kelas.
  5. Laporan praktikum dan tugas-tugas peserta didik
  6. Laporan hasil penilitian

Penilaian

  1. Rancangan penilaian hasil belajar.
  2. Instrumen atau soal-soal penilaian.
  3. Dokumen nilai dari penilaian kelas.
  4. Prestasi akademik dan non-akademik

Manajemen Sekolah/Madrasah

  1. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 17 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  2. Rencana pengembangan kompetensi tenaga kependidikan.
  3. Rencana kerja dan anggaran satuan pendidikan.
  4. Peraturan dan tata tertib satuan pendidikan.
  5. Jadwal dan pelaksanaan rapat satuan pendidikan.
  6. Program supervisi internal.
  7. Arsip surat masuk dan keluar.
  8. Buku penghubung, catatan khusu dan sejenisnya.
  9. Daftar inventaris sarana dan prasarana satuan pendidikan.
  10. Buku administrasi keuangan dan ketenagaan.
  11. Akta pendirian/kelembagaan.
  12. Bagan atau struktur organisasi.
  13. Peraturan tentang efektifitas pembelajaran.
  14. Kerjasama dengan lembaga lain.

Sarana dan Prasarana

  1. Daftar inventaris sarana dan prasarana.
  2. Peta satuan pendidikan.
  3. Daftar bahan dan alat setiap lab atau ruang praktik/
  4. Daftar buku perpustakaan

Ketenagaan

  1. Daftar guru dan karyawan.
  2. Dokumen pengangkatan staff (guru dan karyawan).
  3. Daftar beban tugas guru dan karyawan.
  4. Daftar latar belakang pendidikan guru dan karyawan

Pembiayaan dan Pendanaan

  1. RKAS/RKAM.
  2. Laporan keuangan.
  3. Bukti-bukti pembayaran.
  4. Rekening satuan pendidikan

Artikel terkait

Pendampingan dan penjelasan selama pelaksanaan visitasi.

Klarifikasi Temuan Pada Saat Visitasi.


dikutip dari Panduan Pelaksanaan untuk Sekolah dalam mempersiapkan Akreditasi - Direktorat