Klarifikasi Temuan Pada Saat Visitasi


22, March 2013 15:17:49

Setelah melakukan verifikasi, validasi terhadap data dan informasi yang terjaring dan instrumen evaluasi diri, serta pencarian dan pendalaman terhadap data dan informasi tambahan, tim asesor melakukan pertemuan dengan warga satuan pendidikan. Pertemuan ini dimaksudkan untuk mengklarifikasi berbagai temuan penting atau ketidaksesuaian yang sangat signifikan antara fakta lapangan dengan data dan informasi yang terjaring dalam instrumen evaluasi diri.

Pada tahap klarifikasi temuan ini, satuan pendidikan memiliki hak jawab untuk mengklarifikasi berbagai temuan tersebut. Klarifikasi dimaksudkan untuk menyampaikan secara umum gambaran yang diperoleh asesor untuk setiap komponen dan aspek untuk dijadikan bahan perbaikan bagi satuan pendidikan di masa mendatang. Klarifikasi ini bukan merupakan langkah kompromi antara tim asesor dengan satuan pendidikan untuk memperoleh peringkat akreditasi secara tidak benar.

Hasil temuan dan rekomendasi dari pelaksanaan akreditasi sangat bermanfaat bagi satuan pendidikan. satuan pendidikan perlu mencermati setiap temuan dan mempertimbangkan rekomendasi yang diberikan tim akreditasi. Dalam hal ini, perlu diadakan semacam rapat khusus untuk membahas temuan tersebut.